21 May 2009

PSIS Vs AREMA

Gol spektakuler pemain pengganti, Roni Firmansyah, pada menit-menit akhir pertandingan menyelamatkan Arema dari kekalahan sekaligus meraih poin atas tuan rumah PSIS Semarang. Arema tertinggal lebih dulu pada menit ke 9 babak pertama melalui striker asing PSIS, Bienvenue Nnengue. Roni Firmansyah yang masuk di babak ke dua menggantikan Hendra Ridwan menjadi penyelamat Arema berkat gol pertamanya di musim ini..

Pencetak gol
Bienvenue Nnengue 9 (PSIS), Roni Firmansyah 90+1 (Arema)

Pre Match
Arema tidak memasukkan Patricio Morales pada daftar starting lineup. Kurnia Meiga yang tampil baik pada laga away kembali menjadi pilihan utama di bawah mistar gawang Arema, sementara di belakang Arema menurunkan back four lokal, Alexander Pulalo, Beni Wahyudi, Suroso, dan Achmad Jufriyanto.

Arif Suyono kembali bermain setelah bebas dari akumulasi kartu, sementara Hendra Ridwan menggantikan posisi Ahmad Sembiring sebagai gelandang bertahan. Di depan, Fortune Udo dan Ranu Tri Sasongko menjadi starter pada formasi 4-4-2 Arema.


Stadio Jatidiri, Semarang (foto: Fath Trinugroho)

Starting lineup
Arema: 21-Kurnia Meiga, 6-Suroso, 16-Achmad Jufriyanto, 19-Beni Wahyudi, 2-Alex Pulalo (c), 4-Hendra Ridwan, 5-Fandi Mochtar, 22-Roman Chmelo, 14-Arif Suyono, 10-Fortune Udo, 8-Ranu Tri Sasongko
cadangan: 32-Dadang Sudrajat, 23-Edar Hendra, 15-Zulkifli, 18-Roni Firmansyah, 7-M. Bachtiar, 9-Dendi Santoso, 13-Patricio Morales

Match Report

Kick off - Wasit Jajat Sudrajat meniup peluit panjang tanda kick off pertandingan dimulai. Beberapa bagian lapangan terdapat genangan air setelah diguyur hujan. Arema yang memulai kick off berusaha membangun serangan melalui Beni Wahyudi di sayap kanan meski masih bisa digagalkan oleh barisan pertahanan PSIS.

Menit 4? - Peluang pertama PSIS Semarang saat tendangan keras Feri Irawan masih melebar dari gawang Arema yang dikawal oleh Kurnia Meiga. Beberapa saat kemudian, PSIS kembali mengancam gawang Arema ketika bola terlepas dari penguasaan pemain-pemain Arema, Kurnia Meiga keluar dari sarangnya untuk mengamankan gawang Arema.

8? - Arema membangun serangan melalui Arif Suyono di sayap kanan, tendangan Roman Chmelo dari luar kotak penalti melebar di kanan gawang PSIS yang dijaga oleh Agus Murod.

9? - GOL PSIS, Bienvenue Nnengue
PSIS Semarang membuka skor melalui striker Bienvenue Nnengue. Pemain-pemain Arema memprotes gol tersebut karena Nnengue dianggap berada pada posisi offside saat menerima umpan tendangan bebas, namun asisten wasit dan wasit tetap mengesahkan gol tersebut yang membuat PSIS unggul 1-0 atas Arema.

11? - Tertinggal satu gol, Arema berusaha lebih keluar menyerang. Roman Chmelo yang membangun serangan dan mendribel bola masuk kotak penalti PSIS ditackling dari belakang oleh pemain lawan namun wasit Jajat Sudrajat hanya memberikan tendangan gawang untuk PSIS.

20? - Heading Fortune Udo memanfaatkan umpan Hendra Ridwan hanya menghasilkan tendangan penjuru. Dari tendangan sudut Arif Suyono, kemelut di depan gawang PSIS gagal dimanfaatkan Fortune Udo karena kiper PSIS Agus Murod lebih cepat mengamankan bola di kotak penalti PSIS.

26? - Wasit Jajat Sudrajat mengeluarkan kartu kuning untuk penyerang PSIS, Antonio Tellez yang menanggap salah satu pemain Arema handsball di kotak penalti. PSIS melakukan pergantian pemain, pemain bernomor punggung 2 Awang ditarik keluar dan digantikan oleh pemain bernomor 18, Sapto Widiantoro.

36? - Pergantian pemain dari Arema, striker Dendi Santoso dimasukkan Gusnul Yakin menggantikan Ranu Tri Sasongko.

40? - Kiper PSIS, Agus Murod, kembali menggagalkan peluang Arema yang dibangun oleh Arif Suyono dari sisi kiri pertahanan PSIS. Arema yang terus menekan pertahanan PSIS mulai menghasilkan sejumlah peluang, sementara lini belakang PSIS mulai kehilangan konsentrasi mengantisipasi serangan-serangan Arema.

44? - Arema hampir mencetak gol di akhir babak ke dua. Berawal dari tendangan Roman Chmelo yang mengarah ke tiang jauh gawang PSIS, heading Fandi Mochtar memanfaatkan bola rebound membentur mistar gawang, bola yang jatuh di kaki Fortune Udo gagal dimaksimalkan striker asal Nigeria itu karena Agus Murod melakukan penyelamatan gemilang yang hanya menghasilkan tendangan penjuru.

45? - Meski terus menguasai jalannya pertandingan dan mengurung pertahanan PSIS, Arema belum mampu mencetak gol penyama kedudukan hingga wasit Jajat Sudrajat meniup peluit panjang tanda babak pertama usai.

48? - PSIS Semarang hampir memiliki peluang emas mencetak gol saat lini belakang Arema yang sedikit lengah gagal mengantisipasi umpan terobosan Deni Rumba kepada Jules Basile yang terperangkap offside.

50? - Alexander Pulalo menerima kartu kuning dari wasit saat memprotes keputusan Jajat Sudrajat yang membiarkan tackling kepada Roman Chmelo namun memberikan pelanggaran kepada PSIS saat Achmad Jufriyanto mentackling Antonio Tellez. Kurnia Meiga masih bisa mengamankan gawang Arema dari tendangan bebas PSIS.

55? - Tensi pertandingan mulai meninggi, kedua tim memperagakan permainan keras. Untuk meningkatkan serangan ke pertahanan PSIS, Arema mengganti formasi menjadi 3-5-2 seperti yang dimainkan saat mengalahkan Persitara pada pertandingan sebelumnya, dengan memaksimalkan serangan sayap melalui Alexander Pulalo di kiri dan Fandi Mochtar di kanan.

62? - Kurnia Meiga melakukan penyelamatan gemilang saat menggagalkan tendangan gelandang PSIS, Dnibi, dan hanya menghasilkan tendangan penjuru. Melalui serangan balik, tendangan keras Fortune Udo dari luar kotak penalti PSIS masih melambung di atas gawang Agus Murod.

68? - PSIS melakukan pergantian pemain, Nnegue yang mencetak gol di babak pertama digantikan oleh legiun asing lainnya, Anderson Alexando ‘Leke’ Ferreira Dos Santos.

70? - Arema hampir mencetak gol saat tendangan kaki kanan Fortune Udo yang melintas di depan gawang Agus Murod tidak mampu dimanfaatkan oleh Dendi Santoso yang terlambat menyongsong bola. Arema melakukan pergantian pemain dengan Hendra Ridwan yang keluar digantikan oleh Roni Firmansyah.

77? - Fandi Mochtar memeperoleh peluang emas yang berawal dari tendangan penjuru Roman Chmelo, namun tendangan Fandi melambung di atas gawang Agus Murod meski posisi Fandi tinggal berhadap-hadapan dengan kiper PSIS itu. Memasuki tiga perempat waktu pertandingan, Arema lebih menguasai ball possession dan terus menekan pertahanan PSIS.

81? - Arema melakukan pergantian pemain dengan memasukkan Zulkifli menggantikan Fortune Udo. Dengan keluarnya Udo, Arema hanya menyisakan Roman Chmelo sebagai satu-satunya pemain asing serta Dendi Santoso sebagai penyerang tunggal yang ditopang oleh Fandi Mochtar dan Arif Suyono dari kedua sayap.

85? - Arema kembali memperoleh peluang emas untuk mencetak gol ketika heading Fandi Mochtar sudah tidak mampu dijangkau Agus Murod namun bola belum masuk ke gawang PSIS. Pelatih PSIS Ahmad Muhariyah melakukan dua pergantian pemain untuk memperkuat lini belakang dan mengamankan keunggulan satu gol.

90+1? GOL AREMA (Roni Firmansyah)
Arema mencetak gol pada menit-menit akhir babak ke dua melalui tendangan spektakuler si anak hilang, Roni Firmansyah.

Berawal dari serangan Arema yang terencana, Suroso memberikan bola kepada Roni, Roni memberikannya kepada Arif Suyono yang mengoper kepada Fandi Mochtar, Fandi mengembalikan bola kepada Roni yang kemudian melepaskan tendangan keras tanpa mampu dijangkau kiper PSIS, Agus Morud.

90+3? - Wasit Jajat Sudrajat meniup peluit panjang tanda pertandingan berakhir dan gol dari Roni Firmansyah pada injury time babak ke dua menyelamatkan Arema dari kekalahan sekaligus meraih poin dari tuan rumah PSIS Semarang.(bi/zul)

Comments :

0 comments to “PSIS Vs AREMA”

Post a Comment

Blog Archive

 

Copyright © 2009 by Arema Singo Edan